PELAKSANAAN PROGRAM KERJA ORGANISASI PEMUDA KARANG TARUNA PUTRA BHAKTI DI DESA KETAWANGREJO KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO

Pratiwi, Rhisma Natalia (2020) PELAKSANAAN PROGRAM KERJA ORGANISASI PEMUDA KARANG TARUNA PUTRA BHAKTI DI DESA KETAWANGREJO KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_rhisma natalia pratiwi_16102241005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi dan komunikasi dalam pelaksanaan program kerja organisasi pemuda Karang Taruna Putra Bhakti di Desa Ketawangrejo. Aspek yang diteliti meliputi pelaksanaan program kerja, kegiatan yang diadakan, faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program kerja organisasi pemuda Karang Taruna Putra Bhakti. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi perangkat desa, pembina, ketua, pengurus, dan anggota Karang Taruna Putra Bhakti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan program kerja di Karang Taruna Putra Bhakti: tahap persiapan (pertemuan/musyawarah), tahap pelaksanaan (program yang dilaksanakan), tahap evaluasi (perbaikan). (2) kegiatan/program kerja: perayaan HUT desa, gotong-royong pembangunan desa, kebersihan ligkungan, pengelolaan desa wisata, olahraga voly, sepak bola, dan kegiatan sosial masyarakat lainnya. Sarana dan prasarana: stample logo, seragam pdl, seragam olahraga, net, bola basket dan voly. (3) Faktor pendukung: adanya Persatuan yang dibangun oleh interaksi dan komunikasi yang dapat berkelanjutan dalam kurun waktu yang relatif lama, Motivasi/Dorongan yang dipengaruhi oleh kesamaan motif dan tujuan, Kepemimpinan bersifat demokratis dengan seluruh komponen yang ada dalam organisasi, dan Struktur serta pembagian tugas yang jelas dan terperinci dengan adanya dukungan dari aktivitas/kegiatan yang sama dan berkelanjutan. Faktor penghambat: Dalam perkembangannya di dalam organisasi terjadi permasalahan yang disebabkan oleh kurangnya tanggungjawab, miss komunikasi, tidak ada kegiatan rutin bulanan/mingguan, perbedaan pendapat dan karakter antara ketua dengan anggota sehingga menimbulkan permasalahan di dalam organisasi Karang Taruna Putra Bhakti.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Program Kerja, Organisasi Pemuda Karang Taruna
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:41
Last Modified: 05 Jan 2023 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76018

Actions (login required)

View Item View Item