MOTIVASI WARGA BELAJAR DALAM MENGIKUTI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP MENJAHIT DI LEMBAGA PELATIHAN KETERAMPILAN (LPK) JILLI YOGYAKARTA

Yuliarni, Tria (2020) MOTIVASI WARGA BELAJAR DALAM MENGIKUTI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP MENJAHIT DI LEMBAGA PELATIHAN KETERAMPILAN (LPK) JILLI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_tria yuliarni_14102241028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup menjahit di Lembaga Pelatihan Keterampilan (LPK) JILLI Yogyakarta. (2) motivasi warga belajar pendidikan kecakapan hidup menjahit di Lembaga Pelatihan Keterampilan (LPK) JILLI Yogyakarta. (3) faktor- faktor yang mempengaruhi motivasi warga belajar pendidikan kecakapan hidup menjahit di Lembaga Pelatihan Keterampilan (LPK) JILLI Yogyakarta. Pendekatan penelitan ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian yaitu pemilik Lembaga Pelatihan Keterampilan (LPK) Jilli Yogyakarta, tutor pelatihan menjahit, dan peserta pelatihan menjahit di LPK Jilli Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang dilakukan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik yang digunakan dalam pengujian keabsahan data adalah teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) pelaksanaan pelatihan menjahit di LKP Jilli Yogyakarta meliputi pendaftaran, pelaksanaan pelatihan menjahit (mengukur badan, memindahkan ukuran pada kertas pola, memindahkan ukuran kertas pola pada bahan kain, menggunting pola bahan dan menjahit bahan) dan pengecekan hasil akhir jahitan dari warga belajar. (2) motivasi warga belajar pendidikan kecakapan hidup menjahit adalah variatif. Motivasi dapat digambarkan melalui indikator motivasi, terdiri dari ketekunan dalam belajar, sikap ulet dalam menghadapi kesulitan, minat dan ketajaman perhatian dalam belajar, kebiasaan mengeluarkan pendapat dan kebiasaan hanya sebatas mengikuti alur pembelajaran. Semangat dari warga belajar pelatihan menjahit bervariasi. Berprestasi dalam belajar belum belum terlihat oleh warga belajar. Kemandirian dalam belajar. Penggunaan kesempatan belajar di luar jam pembelajaran kurang dimanfaatkan oleh warga belajar, (3) faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi antara lain adanya keinginan meningkatkan ilmu pengetahuan, faktor internal dan eksternal, dukungan dari pihak keluarga dan kesibukan bekerja atau sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Pendidikan Kecakapan Hidup, Menjahit
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:37
Last Modified: 05 Jan 2023 08:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76017

Actions (login required)

View Item View Item