PENGASUHAN ANAK USIA DINI DALAM MELATIH KEMANDIRIAN ANAK DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) ISLAM PUSPITASARI KWASEN, SRIMARTANI, PIYUNGAN, BANTUL, YOGYAKARTA.

Hayati, Desi Nur (2020) PENGASUHAN ANAK USIA DINI DALAM MELATIH KEMANDIRIAN ANAK DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) ISLAM PUSPITASARI KWASEN, SRIMARTANI, PIYUNGAN, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_desi nur hayati_16102241018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1). pengasuhan di TPA Islam Puspitasari dalam melatih kemandirian anak, 2). Faktor Pendukung dan Penghambat pengasuhan 3). dampak positif dari pengasuhannya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian kepala TPA Islam Puspitasari, Pengasuh dan orang tua/ wali anak asuh di TPA Islam Puspitasari Kwasen, Srimartani, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1). Pengasuhan anak di TPA Islam Puspitasari dalam melatih kemandirian anak terdiri dari: (a). Alasan orang tua memilih TPA Islam Puspitasari karena letak strategis, pengasuhan yang baik dan biaya terjangkau. (b). Proses pengasuhan dilaksanakan dengan perencanaan pembelajaran dengan menyusun prota, prosem, RPPM, RPPH, pelaksanaan pengasuhan dengan melatih kemandirian anak, evaluasi menggunakan pelaporan dan penilaian menggunakan buku penghubung dan rapor. (c). Metode dalam melatih kemandirian anak usia dini dilakukan dengan metode pembiasaan dengan melakukan kegiatan rutin, Sepontan, Teladan, Terprogram, Metode anjuran, Nasehat dan perintah, serta Metode Latihan. (2) faktor pendukung pengasuhan anak di TPA Islam Puspitasari dalam melatih kemandirian anak adalah pendidik atau guru yang telah mengikuti pelatihan, diklat, diksar, seminar, Workshop. (3). Faktor penghambat pengasuhan anak di TPA Islam Puspitasari dalam melatih kemandirian anak adalah keterbatasan ruang pengasuhan dan kamar mandi, perbedaan cara pengasuhan anak atara orang tua dengan pendidik. (4) Dampak positif bagi anak adalah anak mampu menjadi lebih mandiri dan mau belajar mandiri, mampu mempelajari agama dengan baik. Orang tua menjadi tenang saat bekerja karena sudah ada pihak lain (TPA) yang membantu dalam mengasuh anak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengasuhan, anak usia dini, kemandirian, TPA.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:14
Last Modified: 05 Jan 2023 07:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76013

Actions (login required)

View Item View Item