TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PESERTA PROGRAM USAHA PENIGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS) DI DESA CANDIREJO

Laksmi, Alifia Intan (2020) TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PESERTA PROGRAM USAHA PENIGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS) DI DESA CANDIREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_alifia intan laksmi_16102244029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan tingkat kesejahteraan masyarakat setelah adanya program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera, (2) Untuk mengetahui hasil program UPPKS terhadap sosial ekonomi keluarga di Desa Candirejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh peserta kegiatan program UPPKS di Desa Candirejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, dan juga pendamping program. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan melalui angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis menggunakan analisis faktor dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat kesejahteraan keluarga di Kecamatan Semanu setelah adanya program UPPKS yaitu baik. Dapat dilihat dari data bahwa rata-rata menunjukkan angka 2,68 yang berarti masuk kategori “BAIK”; 2) Tingkat kesejahteraan peserta program UPPKS jika dilihat dari aspek sosial dengan hasil skor 2,82 yang berarti tergolong dalam kategori “BAIK”; 3) Tingkat kesejahteraan peserta program UPPKS jika dilihat dari aspek ekonomi dengan hasil skor 2,94 yang berarti tergolong dalam kategori “BAIK”; 4) Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebelumnya pada bab empat dapat disimpulkan secara garis besar bahwa program UPPKS yang dilaksanakan di Desa Candirejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul dapat dinyatakan berhasil dan berjalan sesuai rencana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat kesejahteraan, aspek sosial dan ekonomi, program UPPKS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:12
Last Modified: 05 Jan 2023 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76012

Actions (login required)

View Item View Item