PELUANG PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN NON FORMAL BAGI MASYARAKAT DI KAWASAN BANDARA YIA (YOGYAKARTA INTERNASIONAL AIRPORT)

Dewi, Nabila Auliana (2020) PELUANG PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN NON FORMAL BAGI MASYARAKAT DI KAWASAN BANDARA YIA (YOGYAKARTA INTERNASIONAL AIRPORT). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_nabila auliana dewi_16102241011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan kesiapan masyarakat terhadap Perubahan Sosial-Ekonomi dikawasana Bandara YIA, (2) Untuk mendiskripsikan peluang pengembangan program PNF berbasis peningkatan ekonomi bagi masyaraka kawasan Bandara YIA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kulon Progo. Subyek dalam penelitian ini adalah aparatur Desa Glagah dan masyarakat Desa Glagah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrument utama yang dibantu dengan pedoman wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tringulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data dengan Tringulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kesiapan masyarakat Desa Glagah cenderung kedalam kategori belum siap, ditinjau dari faktor pengetahuan, faktor sikap dan faktor respon. (2) Peluang pengembangan program PNF yang dapat dikembangkan di Desa Glagah berupa Strategi Pengemembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism). Strategi Pengembangan Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism) mencangkup kegiatan : 1) Pelatihan manajemen dan pemgembangan objek wisata Camping Ground di kawasan pesisir pantai Desa Glagah, 2) Pelatihan pengorganisasian kelompok (pokdarwis dan kelompok tani), 3) Pelatihan pengolahan hasil tani (abon cabai), 4) Pelatihan mengolah masakan seafood, 5) Pelatihan pembuatan ikan asin (ikan kering) dan 6) Pelatihan Manajemen atraksi kesenian gamelan dan jathilan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Program, PNF, Kesiapan Masyarakat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:10
Last Modified: 05 Jan 2023 07:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76011

Actions (login required)

View Item View Item