PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI AGAMA WARIA DI PONDOK PESANTREN WARIA AL-FATAH YOGYAKARTA (DARI PERSPEKTIF TEORI IDENTITAS DIRI ERICKSON DAN MARCIA)

Pujiastuti, Monica (2020) PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI AGAMA WARIA DI PONDOK PESANTREN WARIA AL-FATAH YOGYAKARTA (DARI PERSPEKTIF TEORI IDENTITAS DIRI ERICKSON DAN MARCIA). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_monica pujiastuti_16102244004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses pembentukkan identitas diri agama waria di Pondok Pesantren Waria Al-Fatah Yogyakarta dari perspektif teori identitas diri Erickson dan Marcia (2) mengetahui peran Pondok Pesantren Waria Al-Fatah Kotagede terhadap pembentukan identitas diri agama waria. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Pondok Pesantren Waria Al-Fatah Yogyakarta. Subyek dalam penelitian ini adalah waria, keluarga waria, masyarakat, ustadz, serta ketua Pondok Pesantren Waria Al-Fatah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama yang dibantu dengan pedoman wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data dengan sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) proses pembentukan identitas diri agama waria yaitu meyakini diri sebagai waria ketika berada pada fase kelima dalam Tahap Pembentukan Identitas Diri Erickson yaitu Identity vs Role Confusion, latar belakang sosio-kultural waria, eksplorasi agama menunjukan status identitas Identity Achievement Marcia, pemahaman agama, komitmen beragama, bergabung dalam pondok pesantren, pemahaman identitas diri dalam Islam, praktik beribadah lalu perubahan selama bergabung di pondok (2) peran Pondok Pesantren Waria Al-Fatah terhadap pembentukan identitas agama waria terbagi menjadi 3 diantaranya dimensi kognitif, dimensi afektif, dan dimensi psikomotorik; faktor pendukung peran; faktor penghambat peran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembentukan identitas diri, identitas diri agama waria, pondok pesantren waria
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 05 Jan 2023 02:27
Last Modified: 05 Jan 2023 02:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76004

Actions (login required)

View Item View Item