PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) MANDIRI DI DESA BULUREJO KECAMATAN SEMIN KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Fatimah, Nur (2020) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) MANDIRI DI DESA BULUREJO KECAMATAN SEMIN KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_nur fatimah_16102241027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemberdayaan masyarakat melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Mandiri di Desa Bulurejo Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul ditinjau dari (1) tahapan pemberdayaan masyarakat (2) dampak pemberdayaan masyarakat dan (3) faktor pendukung dan faktor penghambat. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Mandiri Desa Bulurejo Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul. Subyek penelitian adalah pendamping, pengurus, anggota dan keluarga KUBE. Dalam menentukan subyek penelitian, peneliti menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tahapan pemberdayaan masyarakat melalui KUBE memiliki 4 tahap yaitu; (a) penyusunan kelompok (b) partisipasi membangun kelompok (c) penyelenggaraan pertemuan (d) pengembangan hubungan, (2) dampak pemberdayaan masyarakat melalui KUBE Mandiri dapat dilihat dari (a) aspek ekonomi (b) aspek pendidikan (c) aspek sosial budaya, (3) faktor pendukung meliputi dukungan dari pemerintah desa, dinas sosial, kementrian sosial, semangat dan saling mendukung antar anggota serta dukungan dari keluarga dan masyarakat, sedangkan faktor penghambat meliputi belum adanya mitra dalam pemasaran dan kurangnya modal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Kelompok Usaha Bersama
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:24
Last Modified: 05 Jan 2023 01:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75997

Actions (login required)

View Item View Item