PENDIDIKAN LITERASI LINGKUNGAN HIDUP (STUDI KASUS: KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT TIRTA GUNA DUSUN BROJOLAN BARAT TEMANGGUNG)

Faruq, Muhammad (2020) PENDIDIKAN LITERASI LINGKUNGAN HIDUP (STUDI KASUS: KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT TIRTA GUNA DUSUN BROJOLAN BARAT TEMANGGUNG). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_muhammad faruq_16102244014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui proses pendidikan literasi lingkungan hidup yang berlangsung pada masyarakat Dusun Brojolan Barat Temanggung, (2) mengetahui hasil dari proses pendidikan literasi lingkungan hidup masyarakat Dusun Brojolan Barat Temanggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berlokasi di KSM Tirta Guna Dusun Brojolan Barat Temanggung. Subjek dalam penelitian ini adalah pengelola KSM Tirta Guna, masyarakat Dusun Brojolan Barat, dan tokoh masyarakat Dusun Brojolan Barat. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama yang dibantu dengan pedoman wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data dengan sumber dan metode. Hasil penelitian mnunjukan bahwa: (1) proses pendidkan literasi lingkungan hidup terdiri dari 6 proses/tahapan yaitu: tahap persiapan yang terdiri dari mempersiapkan petugas serta sarana dan prasarana, tahap pengkajian yang terdiri dari proses analisis kebutuhan, tahap perencanaan yaitu tahap merencanakan program, tahap pemfomalisasi yaitu tahap menentukan program, tahap pelaksanaan yaitu tahap melaksanakan program yang sudah ditentukan, dan yang terakhir tahap evaluasi yaitu tahap mengevaluasi program yang sudah dilaksanakan, (2) hasil proses pendidikan literasi lingkungan hidup terdiri dari 4 dimensi/bidang yaitu: bidang ekonomi, bidang sosial, bidang lingkungan, dan bidang pengembangan sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendidikan literasi, lingkungan hidup.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:20
Last Modified: 05 Jan 2023 01:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75995

Actions (login required)

View Item View Item