IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN PAUD RAMAH LINGKUNGAN DI KB TUNAS HARAPAN PONJONG, GUNUNGKIDUL

Putri, Maulida Reformia (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN PAUD RAMAH LINGKUNGAN DI KB TUNAS HARAPAN PONJONG, GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_maulida reformia putri_16102241034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program pembelajaran paud ramah lingkungan di KB Tunas Harapan Sladi Ponjong Gunungkidul. Deskripsi meliputi perencanaan, pelaksanaan, pendukung dan penghambat, serta output dari implementasi program pembelajaran ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari kepala paud, pengelola, pendidik, orangtua wali, dan warga sekitar paud. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan verivikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan 1) Program pembelajaran paud ramah lingkungan di KB Tunas Harapan berawal dari adanya keinginan sekolah untuk melakukan inovasi pembelajaran dalam rangka mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia dini. 2) Tujuan pembelajaran untuk menumbuhkan karakter anak yang cinta terhadap lingkungan sejak usia dini dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan cara mengamati, menanya (questioning), mengumpulkan informasi(collecting), menalar/mengasosiasi (associating), dan mengomunikasikan (communicating). 3) Perencanaan dengan menentukan tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan persiapan sarana dan prasarana, 4) Program pembelajaran ramah lingkungan telah diimplementasika di KB Tunas Harapan dengan adanya komunikasi, struktur birokrasi, disposisi dan sumber daya yang ada. 5) Faktor Pendukung Implementasi Program diantaranya adalah KB Tunas Harapan sebagai PAUD percontohan di Kecamatan Ponjong, SDA & SDM di KB Tunas Harapan memadai, Perencanaan & Kerjasama yang baik dengan pihak sekolah, orangtua, peserta didik, dan instansi pendukung yang lain. Faktor penghambat program adalah masalah pendanaan yang diatasi dengan mengajukan berbagai proposal bantuan. 7) Output dari pembelajaran adalah perilaku anak yang berkembang dengan baik lebih menyayangi tanaman dan menjaga lingkungannya sejak dini dengan pemanfaatan bahan bekas untuk menstimulasi 6 lingkup perkembangan PAUD, serta terbentuknya karakter menjaga kelestarian lingkungan sejak anak usia dini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi, program pembelajaran, ramah lingkungan, KB Tunas Harapan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:07
Last Modified: 05 Jan 2023 01:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75991

Actions (login required)

View Item View Item