EVALUASI PROGRAM MENTORING TOKO ONLINE DI KELOMPOK BELAJAR BERSAMA (KBB) BY TAN KIM GWAN

Fahmawan, Muhammad Kholis Rozaq (2020) EVALUASI PROGRAM MENTORING TOKO ONLINE DI KELOMPOK BELAJAR BERSAMA (KBB) BY TAN KIM GWAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_muhammad kholis r f_13102241048.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan analisis: 1) Evaluasi konteks : tujuan diselenggarakannya program, kesesuaian tujuan program dengan kebutuhan peserta. 2) Evaluasi masukan : karakteristik peserta,karakteristik narasumber, sarana dan prasarana, pendanaan dan kurikulum. 3) Evaluasi Proses : jadwal pembelajaran, aktivitas narasumber, aktivitas peserta, metode pembelajaran, dan partisipasi peserta. 4) Evaluasi produk: hasil belajar peserta, dampak program, dan ketercapaian tujuan program. Penelitian dilaksanakan dalam program mentoring online yang dibuat oleh Pak Tan Kim Gwan yang diberi nama “Kelompok Belajar Bersama (KBB) By Tan Kim Gwan” Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi program model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan kuesioner berupa pertanyaan tertutup dalam bentuk cheklist. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menghitung mean dan standar deviasi untuk penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Evaluasi konteks (context) dari program yang diselenggarakan oleh KBB by Tan Kim Gwan termasuk dalam kategori sedang dan sudah sesuai dikarenakan tujuan program pengembangan profesionalisme mentor sudah kategori baik. 2) Evaluasi masukan (input) dari program yang diselenggarakan oleh KBB by Tan Kim Gwan termasuk dalam kategori sedang dan sudah sesuai dikarenakan input tim, mentor, kurikulum serta sarana dan prasarana sudah kategori baik. Sedikit catatan pada input sarana dan prasarana masih perlu adanya peninjauan terkait pengembangan profesionalisme mentor. 3) Evaluasi proses (process) dari program yang diselenggarakan oleh KBB by Tan Kim Gwan termasuk dalam kategori sedang dan sudah sesuai dikarenakan penggunaan metode, media, materi, dan waktu pembelajaran dalam pengembangan profesionalisme mentor sudah cukup baik. 4) Evaluasi produk (product), kegiatan mentoring ini telah menghasilkan peserta didik yang mampu memahami kompetensi yang telah diberikan. Dapat dilihat dalam keseharian, bahwa orang yang mengikuti kegiatan mentoring berbeda dengan orang yang tidak mengikuti kegiatan mentoring.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: : Evaluasi, Program
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 04 Jan 2023 08:02
Last Modified: 04 Jan 2023 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75985

Actions (login required)

View Item View Item