Riyadina Yahya, Riyadina Yahya (2020) PERAN KELUARGA DALAM MENCEGAH KENAKALAN REMAJA DI DESA KAMONGAN, SRUMBUNG, MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
fulltext_riyadina yahya_13102241016.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Bentuk kenakalan remaja di Desa Kamongan, (2) Peran keluarga dalam mencegah kenakalan remaja di Desa Kamongan, (3) Faktor pendukung dan penghambat peran keluarga dalam mencegah kenakalan remaja di Desa Kamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis. Lokasi penelitian di Desa Kamongan, Srumbung, Magelang. Subyek penelitian ini adalah Kepala Desa, 1 Kepala RT, 1 tokoh masyarakat, 6 orangtua, dan 9 remaja di Desa Kamongan. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Bentuk kenakalan remaja yang terjadi di Desa Kamongan yaitu perkelahian antar remaja, balapan liar, minumminuman keras dan penyalahgunaan obat-obatan dll. (2) Peran keluarga dalam mencegah kenakalan remaja yaitu orangtua sabagai pendidik, pelindung, pengarah, penasehat, dan penanggung jawab. (3) Faktor pendukung mencegah kenakalan remaja di Desa Kamongan yaitu larangan menjual miras dan sejenisnya, adanya karang taruna, remaja masjid, dan kegiatan kerja bakti. Faktor penghambat mencegah kenakalan remaja di Desa Kamongan yaitu orang tua yang kurang tegas dalam mendidik, terlalu memanjakan dan membebaskan anak, serta situasi lingkungan dan pergaulan remaja yang kurang baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Keluarga, Pendidikan Keluarga, Kenakalan Re |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 07:26 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 07:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75981 |
Actions (login required)
View Item |