KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK BERMAIN (KB) SALMA UPT SPNF SKB KOTA YOGYAKARTA

Dewanti, Arsari Putri (2020) KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK BERMAIN (KB) SALMA UPT SPNF SKB KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_arsari putri dewanti_16102241016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: 1) Keterlibatan orang tua dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini; 2) Faktor penghambat keterlibatan orang tua dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini; 3) Faktor pendukung keterlibatan orang tua dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari ketua KB Salma, pendidik, orang tua peserta didik, dan anak usia dini kelompok besar. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) bentuk keterlibatan orang tua di sekolah KB Salma diantaranya Orang tua KB Salma yang memiliki keterlibatan baik dapat diketahui dengan a) keikutsertaan orang tua berpartisipasi mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan disekolah, b) keterlibatan orang tua mengikuti program parenting sekolah, dan c) keikutsertaan orang tua dalam kegiatan informal seperti acara besar baksos, tujubelasan, dan kegiatan kartinian. (2) Hasil dari keterlibatan orang tua dengan kreativitas anak usia dini yaitu a) kemampuan anak berkreasi dan mengembangkan permainan bagun geometri, b) kemampuan anak menyusun permainan puzzle, c) kemampuan anak berimajinasi dan merangkai cerita mengemasnya menjadi sebuah permainan berkelompok dengan memanfaatkan APE yg dibuatnya sendiri. (3) Faktor penghambat keterlibatan orang tua yaitu a) belum utuhnya kesadaran orang tua dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini dan kurangnya partisipasi kegiatan pendidikan anak, b) kondisi finansial orang tua yang kurang menentu, dan c) keterbatasan waktu orang tua karena kesibukan bekerja atau kesibukan mengurus rumah. (4) Faktor pendukung keterlibatan orang tua yaitu a) orang tua memiliki kepedulian memaksimalkan proses tumbuh kembang anak, b) orang tua memiliki harapan agar anak dapat membentuk pribadi dan memiliki bakat yang sesuai, c) lingkungan sekolah yang ramah lagi nyaman mempengaruhi keterlibatan orang tua di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterlibatan orang tua, kreativitas anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:59
Last Modified: 03 Jan 2023 08:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75969

Actions (login required)

View Item View Item