PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PEMAHAMAN GENDER ORANG TUA TERHADAP POLA PENGASUHAN ANAK DI KELUARGA

Tyas, Erika Anggraini Neng (2020) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PEMAHAMAN GENDER ORANG TUA TERHADAP POLA PENGASUHAN ANAK DI KELUARGA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_erika anggraini neng tyas_16102241041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) apakah terdapat pengaruh antara tingkat pendidikan formal orang tua dan pemahaman gender orang tua secara bersamaan terhadap pola asuh di keluarga pada wali murid TK Al I’dad An Nuur, (2) pengaruh antara tingkat pendidikan formal orangtua terhadap pola asuh di keluarga pada wali murid TK Al I’dad An Nuur, (3) pengaruh antara pemahaman gender orang tua terhadap pola asuh di keluarga pada wali murid TK Al I’dad An Nuur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah wali murid TK Al I’dad An Nuur yang berjumlah 99 wali murid. Sampel penelitian ini sebanyak 78 wali murid yang ditentukan dengan rumus Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Selanjutnya sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan pengukuran tingkat pendidikan, skala pemahaman gender, dan skala pola asuh. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi product moment dan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh antara tingkat pendidikan formal orangtua dan pemahaman orang tua tentang gender secara bersamaan terhadap pola asuh di keluarga, ditunjukkan dengan persamaan regresi bergandanya yaitu Y= 75,80 + 1,396X1 + 0,401X2, nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,004 < 0,05, nilai korelasi (R) sebesar 0,372 sedangkan perolehan R Square sebesar 0,138, artinya pengaruh variabel tingkat pendidikan dan variabel pemahaman gender secara bersamaan terhadap variabel pola asuh sebesar 13,8% sedangkan 86,2% pola asuh di keluarga dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara tingkat pendidikan formal orang tua terhadap pola asuh di keluarga, ditunjukkan dengan persamaan regresi liniernya yaitu Y= 75,80 + 1,396X1, serta nilai signifikansi (sig.) 0,034 < 0,05, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh antara pemahaman orang tua tentang gender terhadap pola asuh di keluarga, ditunjukkan dengan persamaan regresi liniernya yaitu Y= 75,80 + 0,401X2, serta nilai signifikansi (sig.) 0,040 < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat pendidikan, Pemahaman gender, Pola asuh
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:55
Last Modified: 03 Jan 2023 08:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75967

Actions (login required)

View Item View Item