PELATIHAN BUDIDAYA SAYURAN HIDROPONIK (STUDI KASUS TARUNA TANI DESA SIHARJO)

Yuliana, Nur Eva (2020) PELATIHAN BUDIDAYA SAYURAN HIDROPONIK (STUDI KASUS TARUNA TANI DESA SIHARJO). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_nur eva yuliana_16102241048.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses pelatihan budidaya sayuran hidroponik di Taruna Tani Sriharjo, (2) mendiskripsikan hasil pelatihan budidaya sayuran hidroponik di Taruna Tani Sriharjo.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Sriharjo, Imogiri, Bantul (Taruna Tani Sriharjo). Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, observasi,dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama yang dibantu dengan pedoman wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pelatihan budidaya sayuran hidroponik meliputi a) analisis kebutuhan, yaitu melihat permasalahan pemuda kemudian memberikan solusi dengan pelatihan budidaya sayuran hidroponik, b) desain pendekatan penelitian, yaitu merancang kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, c) pengembangan materi, yaitu menyusun materi pelatihan budidaya sayuran hidroponik dengan melihat tujuan dari pelatihan budidaya sayuran hidroponik, d) pelaksanaan pelatihan , yaitu melaksanakan pembelajaran sesuia dengan desain pelatihan, dalam tahap ini narasumber menjadi aktor terpenting, e) evaluasi, yaitu melihat kekurangan selama proses pelatihan, evaluasi dilaukan bersama-sama dengan pengurus Taruna Tani Sriharjo, narasmber, dan peserta pelatihan. (2) hasil dari proses pelatihan meliputi a) indikator penilaian, yaitu kesesuain pelatihan budidaya sayuran hidroponik dengan kebutuhan yang dihadapi pemuda, b) indikator pelaksanaan, yaitu melihat aspek-aspek seperti target peserta program, pelatih, media, prinsip pembelajaran, dimana program dilaksanakan, c) indikator evaluasi, yaitu melihat apakah hasil dari pelatihan sudah sesuai dengan tujuan pelatihan, dengan hasil pemuda memiliki keterampilan budidaya sayuran hidroponik dan sikap yang bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pelatihan budidaya sayuran hidroponik, proses pelatihan, hasil pelatihan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:45
Last Modified: 03 Jan 2023 08:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75964

Actions (login required)

View Item View Item