KEBERLANJUTAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN PADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT PASCA GRADUASI DI KABUPATEN SLEMAN (Studi Kasus pada 4 Keluarga Penerima Manfaat)

Harjiyanti, Astri (2020) KEBERLANJUTAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN PADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT PASCA GRADUASI DI KABUPATEN SLEMAN (Studi Kasus pada 4 Keluarga Penerima Manfaat). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_astri harjiyanti_16102244007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) keberlanjutan Program Keluarga Harapan pada Keluarga Penerima Manfaat pasca graduasi (2) pendampingan yang dilakukan oleh pendamping PKH sehingga bisa membuat KPM sukses. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan lokasi penelitian di Dusun Goron, Mranggen, Margodadi, Seyegan; Dusun Kemloko, Caturharjo, Sleman; Dusun Karanggawang, Girikerto, Turi; dan Dusun Banteran, Donoharjo, Ngaglik. Subjek penelitian terdiri dari koordinator PKH Kabupaten Sleman, KPM graduasi mandiri yang sukses, dan pendamping PKH. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen penelitian dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keberlanjutan Program Keluarga Harapan pada Keluarga Penerima Manfaat pasca graduasi ditandai dengan adanya perubahan sikap dan perilaku KPM dalam memperbaiki tingkat kehidupannya; dapat memiliki usaha mandiri dalam bidang industri pengolahan maupun perdagangan (2) pendampingan yang dilakukan oleh pendamping PKH sehingga bisa membuat KPM sukses meliputi kegiatan P2K2 terutama materi tentang pengelolaan keuangan keluarga dan pemberian motivasi yang dilakukan sejak mendapatkan PKH sampai KPM tidak menerima PKH

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keberlanjutan Program Keluarga Harapan, Graduasi Mandiri, pendamping PKH
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:50
Last Modified: 03 Jan 2023 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75962

Actions (login required)

View Item View Item