IMPLEMENTASI PROGRAM KELAS KOMUNITAS DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA YOGYAKARTA

Nissa, Meythria Chairun (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM KELAS KOMUNITAS DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_meythria chairun nissa_16102241015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses implementasi program Kelas Komunitas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program, serta (2) faktor pendukung dan penghambat implementasi Kelas Komunitas di Homeschooling Primagama Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di Homeschooling Primagama Yogyakarta. Informan di dalam penelitian ini meliputi pengelola homeschooling, tutor/mentor siswa homeschooling, orangtua siswa homeschooling (homeschooler), dan siswa homeschooling (homeschooler). Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria informan narasumber yang dipilih memiliki karakteristik narasumber yang berperan aktif dan terlibat langsung mengikuti program Kelas Komunitas Homeschooling Primagama. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan kajian dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran Kelas Komunitas di Homeschooling Primagama meliputi pertemuan awal berupa proses assesement; pengaturan jadwal yang dilakukan selama tiga kali seminggu; pembelajaran dilakukan dalam satu kelas yang dibatasi maksimal 10 siswa; serta pengaturan posisi duduk siswa dengan formasi konferensi. Kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran Kelas Komunitas di Homeschooling Primagama ialah kurikulum KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 yang dikolaborasikan dengan kurikulum lain yaitu Kurikulum Cambrigde dan kurikulum inklusi, serta kurikulum vokasi yang diwujudkan dalam kegiatan ekstrakulikuler. (2) Faktor pendukung implementasi program Kelas Komunitas di Homeschooling Primagama meliputi; adanya programprogram pendukung, catatan psikologi siswa sebagai acuan tutor untuk menentukan metode pembelajaran, serta motivasi belajar siswa. Ditemukan juga beberapa faktor penghambatnya antara lain; tidak tersedianya beberapa fasilitas utama pendukung kegiatan pembelajaran, terjadinya miskomunikasi antara Homeschooling Primagama dengan orangtua homeschooler dikarenakan kesibukan orangtua siswa, dan perilaku indispliner siswa

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kelas komunitas, homeschooling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:30
Last Modified: 03 Jan 2023 08:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75951

Actions (login required)

View Item View Item