DINAMIKA KELOMPOK TANI DEWASA (KTD) NGREMBOKO BAGI AKTUALISASI ANGGOTANYA DI KAMPUNG JATIMULYO, KRICAK, TEGALREJO, KOTA YOGYAKARTA

Hidayah, Nur (2020) DINAMIKA KELOMPOK TANI DEWASA (KTD) NGREMBOKO BAGI AKTUALISASI ANGGOTANYA DI KAMPUNG JATIMULYO, KRICAK, TEGALREJO, KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_nur hidayah_16102244018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) proses pelaksanaan kegiatan kelompok tani dewasa Ngremboko khususnya dilihat dari aspek-aspek dinamika kelompok; (2) kebermanfaatan dinamika kelompok tani dewasa Ngremboko dalam membangun aktualisasi diri setiap anggotanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penyajian secara deskriptif. Pemilihan subyek penelitian dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari penyuluh pertanian lapangan, pengurus, dan anggota kelompok tani dewasa Ngremboko. Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menuju program rintisan kampung sayur, kelompok tani dewasa Ngremboko mengalami dinamisasi yang mengarah pada progres dilihat dari : (1) aspek-aspek dinamika kelompok sebagai kemampuan yang dimiliki anggota dalam proses pelaksanaan kegiatan seperti adanya komunikasi melalui grup Whatsapp yang sifatnya kompromis, motif untuk keakraban, kepemimpinan demokratis, serta perkembangan kelompok dengan tahapan; perkenalan, mencari pola, pembentukan norma, dan berprestasi. (2) Kebermanfaatan dinamika kelompok tani dewasa Ngremboko bagi aktualisasi anggotanya sebagai media yang dapat menambah relasi, menambah rasa kepekaan sosial, meningkatkan kemandirian, dan menumbuhkan rasa percaya diri dalam kegiatan yang menuntut keberanian tampil di depan banyak orang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kelompok tani, dinamika kelompok, aktualisasi diri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:49
Last Modified: 03 Jan 2023 04:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75948

Actions (login required)

View Item View Item