SUMBANGAN POSYANDU LANSIA “DELIMA” DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL LANSIA DI DUSUN WIDORO KIDUL, DESA BENDUNG, KECAMATAN SEMIN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Sundariningsih, Sri (2020) SUMBANGAN POSYANDU LANSIA “DELIMA” DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL LANSIA DI DUSUN WIDORO KIDUL, DESA BENDUNG, KECAMATAN SEMIN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_sri sundariningsih_16102241025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang sumbangan Posyandu Lansia “Delima” dalam meningkatkan kepedulian sosial lansia yang terdiri dari: 1) Kegiatan, 2) Pelaksanaan, 3) Hasil kegiatan, 4) Faktor pendukung dan penghambat kegiatan Posyandu Lansia “Delima”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian adalah kader dan lanjut usia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data menggunakan sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kegiatan di Posyandu Lansia “Delima” yaitu penimbangan berat badan, pengukuran tensi darah, penyuluhan dan konseling, kunjungan rumah, PMT (Pemberian Makanan Tambahan), kajian keagamaan, arisan, dan senam lansia. Kegiatan dimaksudkan agar lansia dapat mencapai lanjut usia yang mandiri, sehat, dan berdaya guna. 2) Pelaksanaan kegiatan di Posyandu Lansia “Delima” meliputi pertama persiapan yaitu: a) identifikasi kebutuhan, b) tujuan kegiatan, c) penentuan kader dan pembagian tugas, dan d) penentuan anggota lanjut usia, e) waktu pelaksanaan. Tahap pelaksanaan menggunakan sistem pelayanan tiga meja. Ketiga evaluasi. 3) Hasil dari kegiatan adalah anggota lansia sudah memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menjaga kesehatan fisik, psikologis dan meningkatkan kembali hubungan sosial di masyarakat. 4) Faktor pendukung meliputi adanya kader yang berkompeten, adanya dukungan dana dari pemerintah dan dukungan dari keluarga. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kondisi lanjut usia yang sudah lemah, kondisi cuaca yang tidak menentu dan belum lengkapnya peralatan kesehatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: posyandu lansia, lanjut usia, kepedulian sosial lansia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:54
Last Modified: 03 Jan 2023 03:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75947

Actions (login required)

View Item View Item