SKILLS PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN HIDUP LANJUT USIA (LANSIA) DI SASANA WREDA YAYASAN DHARMA BHAKTI KABUPATEN WONOGIRI

Ramadhani, Pika (2020) SKILLS PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN HIDUP LANJUT USIA (LANSIA) DI SASANA WREDA YAYASAN DHARMA BHAKTI KABUPATEN WONOGIRI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_pika ramadhani_16102244015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Program pelayanan dalam meningkatkan kesejahteraan hidup lansia (2) Skills atau keterampilan pekerja sosial dalam meningkatkan kesejahteraan hidup lansia. (3) Faktor penghambat dan pendukung pekerja sosial dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Sasana Tresna Wredha yang beralamat di Jl. Salak I No. 28 Giripurwo, Wonogiri. Subyek penelitian ini adalah empat pekerja sosial dengan informan enam lansia serta kepala Yayasan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan display data, reduksi data, dan kesimpulan dengan menguji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Program pelayanan yang ada di Sasana Tresna Wredha Kabupaten Wonogiri meliputi kegiatan pelayanan bimbingan spiritual/keagamaan, bimbingan kesehatan/fisik, bimbingan sosial dan bimbingan keterampilan. (2) Skills atau keterampilan pekerja sosial yang ada di Sasana Tresna Wredha Kabupaten Wonogiri adalah menjangkau lanjut usia yang membutuhkan bantuan (outreach worker), menghubungkan lanjut usia yang membutuhkan bantuan (broker), pemutus tindakan (pembela), melakukan penilaian (evaluasi), membantu lanjut usia dalam menyediakan informasi (pendidik), menggerakkan dan mencari peluang serta sumber sosial (mobilizer), melakukan dorongan kepada lanjut usia (behavior changer), memberikan pelayanan konsultasi kepada lanjut usia (konsultan), menjajagi strategi pemecahan masalah (community planner), membantu seluruh aktivitas lanjut usia yang mereka tidak mampu mengerjakannya dengan sendiri (care giver), melakukan proses perencanaan, mengorganisasikan, mengkoordinasikan dan memonitor pelayanan (data manager), serta menggunakan sumber dan fasilitas yang ada agar dapat meningkatkan taraf kesejahteraan hidup lansia (administrator). (3) Faktor penghambat pekerja sosial dalam menjalankan tugasnya yaitu, jumlah pegawai yang tidak sebanding dengan jumlah lanjut usia dan kemauan lansia yang berbeda-beda, sedangkan faktor pendukungnya yaitu, adanya fasilitas dan sarana prasarana yang memadai dan team work antar pekerja sosial yang saling mendukung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: skills pekerja sosial, peningkatan kesejahteraan lansia, sasana wredha
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:52
Last Modified: 03 Jan 2023 03:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75946

Actions (login required)

View Item View Item