UPAYA PENINGKATAN KESADARAN KAUM PEREMPUAN DALAM PENGEMBANGAN EKOWISATA TAMAN GLUGUT, WONOKROMO I, WONOKROMO, PLERET, BANTUL

Mudiarti, Oka Dian Prastiwi (2020) UPAYA PENINGKATAN KESADARAN KAUM PEREMPUAN DALAM PENGEMBANGAN EKOWISATA TAMAN GLUGUT, WONOKROMO I, WONOKROMO, PLERET, BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_oka dian prastiwi mudiarti_16102241030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) upaya peningkatan kesadaran kaum perempuan dalam pengembangan ekowisata, 2) hasil dari upaya peningkatan kesadaran kaum perempuan, dan 3) faktor penghambat peningkatan kesadaran kaum perempuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah koordinator pengelola wisata, pengelola wisata, dasawisma RT 02, dan masyarakat setempat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya peningkatan kesadaran dilakukan melalui tiga tahapan kesadaran yang meliputi, tahap ketidaksaran melalui sosialisasi, membangun motivasi dan pelibatan kelompok sasaran dalam pengembangan ekowisata, tahap pembelajaran melalui pendidikan dan pelatihan kepada kaum perempuan, tahap sadar yaitu kaum perempuan dapat menentukan tindakan yang akan dilakukannya dalam pengembangan ekowisata, 2) Hasil proses upaya peningkatan kesadaran meliputi kesamaan hak untuk mengembangkan wisata antara laki-laki dan perempuan, kontribusi kaum perempuan, kesempatan dalam merawat wisata dan lingkungan, serta adanya manfaat yang dirasakan oleh kaum perempuan baik dari segi ekonomi, sosial budaya, maupun lingkungan, dan 3) Faktor penghambat meliputi, minimnya kesadaran diri dari anggota dasawisma RT 02, kinerja pengelola wisata belum optimal, pengetahuan dan wawasan pengelola dalam bidang kepariwisataan dan pengelolaan wisata masih rendah, masih adanya transisi kepengurusan, serta permasalahan sewa lahan dengan pemilik lahan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peningkatan kesadaran, pemberdayaan, pemberdayaan perempuan, ekowisata, faktor penghambat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:34
Last Modified: 03 Jan 2023 03:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75944

Actions (login required)

View Item View Item