PEMBERDAYAAN REMAJA PUTUS SEKOLAH DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA (BPRSR) YOGYAKARTA

Apriliana, Titis (2020) PEMBERDAYAAN REMAJA PUTUS SEKOLAH DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA (BPRSR) YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_titis apriliana_16102241013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan utuk mendeskripsikan: (1) program pemberdayaan untuk remaja putus sekolah di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja (BPRSR) Yogyakarta. (2) perubahan perilaku remaja putus sekolah setelah mengikuti program pemberdayaan di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja (BPRSR) Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari Pengelola, Pekerja Sosial, Instruktur keterampilan, Pramu sosial, dan remaja putus sekolah. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik . Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) program pemberdayaan untuk remaja putus sekolah di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja (BPRSR) Yogyakarta memiliki 4 program yaitu: a) program Therapeutic Community merupakan metode yang digunakan untuk penyadaran warga binaan dengan grub therapeutic morning meeting, tujuan dari Therapeutic Community adalah memperbaiki pola perilaku warga binaan, b) program bimbingan fisik, mental dan sosial, bimbingan fisik mengarah pada pola hidup sehat, bimbingan mental mengarah kepada penyelesaian masalah dengan dibantu oleh instruktur psikolog dan instruktur hypno therapy, c) program pendampingan pengawasan intensif yang dilakukan dari pihak kepolisian untuk mendisiplinkan warga binaan, d) program keterampilan yang meliputi: keterampilan salon, keterampilan menjahit, keterampilan kayu, keterampilan las dan keterampilan montir. (2) perubahan perilaku remaja putus sekolah setelah mengikuti program pemberdayaan di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja (BPRSR) Yogyakarta, adalah adanya perubahan perilaku warga binaan seperti menjadi disiplin, percaya diri, memiliki sopan santun dan mematuhi peraturan di lembaga.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, remaja putus sekolah dan perubahan perilaku.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:31
Last Modified: 03 Jan 2023 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75943

Actions (login required)

View Item View Item