PARTISIPASI PEMUDA DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA DI DESA WISATA NGLINGGO, DESA PAGERHARJO, KECAMATAN SAMIGALUH, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Prasetyo, Joko Dwi (2020) PARTISIPASI PEMUDA DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA DI DESA WISATA NGLINGGO, DESA PAGERHARJO, KECAMATAN SAMIGALUH, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_joko dwi prasetyo_15102244013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan partisipasi pemuda dalam pengembangan desa wisata di Desa Wisata Nglinggo dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang berpengaruh terhadap Partisipasi pemuda dalam pengembangan desa wisata di Desa Wisata Nglinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang hasilnya disajikan secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek penelitian adalah pengelola, pemuda, tokoh masyarakat, dan masyarakat sekitar di Desa Wisata Nglinggo. Pembuktian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : (1) Partisipasi pemuda dalam mengembangkan desa wisata adalah: (a) Partisipasi dalam perencanaan dan pengambilan keputusan yaitu pemuda Ikut terlibat dalam perencanaan dan pengambilan keputusan. (b) Partiipasi dalam pelaksanaan yaitu pemuda ikut terlibat dalam kegiatan membuat fasilitas desa wisata, memelihara kawasan desa wisata, pemandu wisata, petugas parkir kendaraan, petugas tempat pemungutan retribusi, pengemudi mobil wisata dan jeep offroad. (c) Partisipasi dalam pengambilan manfaat yaitu pemuda ikut terlibat dalam program pembangunan yang dibiayai dari desa wisata. (d) Partisipasi dalam evaluasi yaitu pemuda ikut terlibat dalam musyawarah yang diselenggarakan. (2) Faktor pendukung pemuda dalam pengembangan Desa Wisata Nglinggo antara lain desa wisata nglinggo memiliki potensi wisata, memiliki potensi sumber daya manusia dan adanya motif ekonomi. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: minimnya dana untuk pembangunan dan pemeliharaan fasilitas desa wisata, pemuda kurang percaya diri dalam melayani wisatawan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Pemuda, Desa Wisata Nglinggo
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:11
Last Modified: 03 Jan 2023 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75940

Actions (login required)

View Item View Item