PERILAKU SOSIAL ORANG TUA ANAK USIA DINI DI RAUDATUL ATHFAL AL-BIRRU

Agustin, Alfrida Shofia (2020) PERILAKU SOSIAL ORANG TUA ANAK USIA DINI DI RAUDATUL ATHFAL AL-BIRRU. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_alfrida shofia agustin_16102241007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perilaku sosial orang tua dengan orang tua, perilaku sosial orang tua dengan anak, dan perilaku sosial dengan pendidik, (2) dampak perilaku sosial orang tua pada anak usia dini di RA Al-Birru, dan (3) faktor pendukung dan faktor penghambat perilaku sosial orang tua anak usia dini di RA Al-Birru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu orang tua yang menemani anaknya di lingkungan sekolah dan pendidik yang ada di lingkungan sekolah RA Al-Birru. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dengan metode interaktif yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) perilaku sosial orang tua anak usia dini di RA Al-Birru diantaranya adalah belanja, berkelompok, ghosip, jajan di lingkungan sekolah. Perilaku sosial orang tua ini terjadi setiap hari ketika orang tua menemani anaknya di sekolah. Perilaku sosial erat sekali kaitannya dengan interaksi. Interaksi dalam penelitian ini antara lain interaksi orang tua dengan orang tua, orang tua dengan pendidik, serta keterlibatan orang tua anak usia dini di RA Al-Birru. (2) dampak yang ditimbulkan dengan adanya perilaku sosial orang tua meliputi: a) lembaga merasa malu ketika adanya kunjungan dari luar lembaga karena banyaknya orang tua yang berkelompok dan melakukan kegiatan yang berdampak negative, b) pendidik tidak bisa memberikan arahan secara leluasa ketika proses pembelajaran itu berlangsung karena orang tua selalu ikut campur dengan kegiatan anak di dalam kelas, c) anak kurang mandiri dan kurang percaya diri ketika orang tua selalu berada di sekitar mereka waktu proses pembelajaran itu berlangsung. (3) faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku sosial orang tua adalah : a) faktor pendukung: lingkungan, kurangnya pendidik, dalam menanggapi perilaku sosial orang tua, b) faktor penghambatnya adalah kurangnya fasilitas yang mewadai aspirasi orang tua, dan riwayat pendidikan orang tua yang rata- rata lulusan SMP dan SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Nonformal, Perilaku sosial, Orang tua, Pendidikan Anak Usia Din
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:08
Last Modified: 03 Jan 2023 03:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75939

Actions (login required)

View Item View Item