IMPLEMENTASI PROGRAM CSR ( CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) PT. PRIMA EDU PENDAMPING BELAJAR (PRIMAGAMA) MELALUI BIMBINGAN BELAJAR GRATIS (Studi Kasus di RW 07 Kelurahan Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta)

Pramono, Sintikhe Anggi (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM CSR ( CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) PT. PRIMA EDU PENDAMPING BELAJAR (PRIMAGAMA) MELALUI BIMBINGAN BELAJAR GRATIS (Studi Kasus di RW 07 Kelurahan Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_sintikhe anggi pramono_15102244011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi Program CSR melalui bimbingan belajar gratis, (2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program, (3) Manfaat program CSR melalui sudut pandang penyelenggara, siswa, dan orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subyek penelitian penanggung jawab penyenggara program, tentor siswa, dan orang tua siswa. Keabsahan data menggnakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan ialah analisis kualitatif dengan langkah mengumpulkan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Proses implementasi program CSR melalui bimbingan belajar:(a) perencanaan program yang melibatkan langsung RW dan pengurus kampung ramah anak (b) pelaksanaan bimbingan belajar gratis yang dilaksanakan seminggu tiga kali. (2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program meliputi : (a) dukungan staff dan tentor. (b) Lembaga penyelenggara kurang fokus dalam melaksanakan kegiatan. (3) manfaat program CSR melalui sudut pandang penyelenggara, siswa, dan orang tua meliputi : (a) bertambah siswa yang mendaftar di Primagama. (b) ilmu yang didapatkan sebagai pelengkap yang tidak didapatkan di sekolah. (c) orangtua merasa terbantu dalam mengawasi anak-anaknya dan memperlengkapi pendidikan anaknya karena mengikuti kegiatan bimbingan belajar gratis dari Primagama Cokro.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program CSR, Primagama
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 02 Jan 2023 08:41
Last Modified: 02 Jan 2023 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75936

Actions (login required)

View Item View Item