PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI INOVASI KERAJINAN TENUN OLEH PERKUMPULAN LAWE DI DUSUN TEGAL KENANGA, TIRTONIRMOLO, KASIHAN, BANTUL

Larasati, Shinta (2020) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI INOVASI KERAJINAN TENUN OLEH PERKUMPULAN LAWE DI DUSUN TEGAL KENANGA, TIRTONIRMOLO, KASIHAN, BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_shinta larasati_15102241016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bentuk inovasi kerajinan tenun pada Perkumpulan Lawe (2) Proses pemberdayaan perempuan melalui inovasi kerajinan tenun pada Perkumpulan Lawe (3) Dampak program pemberdayaan perempuan melalui inovasi kerajinan tenun bagi peserta pelatihan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah pengelola Perkumpulan Lawe, peserta pelatihan craft class, pengelola showroom, dan konsumen. Pemilihan subyek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan. Peneliti menguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Inovasi kerajinan tenun dilaksanakan melalui inovasi proses dan produk. Inovasi proses menghasilkan metode produksi dan metode distribusi yang semakin modern. Hasil dari inovasi kerajinan tenun berupa tas, baju, aksesoris, souvenir dan element interior. (2) Proses pemberdayaan perempuan meliputi beberapa tahap antara lain: a) Tahap penyadaran mengenai kebutuhan diri yang dilakukan pada proses perencanaan program. b) Tahap transformasi kemampuan diwujudkan dalam pelaksanaan program craft class. c) Tahap peningkatan kemampuan intelektual diwujudkan dengan adanya evaluasi. (3) Dampak pemberdayaan perempuan berpengaruh pada: a) Kognitif dengan mampu membuat produk inovatif, b) Ekonomi yang mengalami peningkatan, c) Skill yang sesuai dengan program pelatihan yang telah diikuti.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Perempuan, Inovasi Kerajinan Tenun
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 02 Jan 2023 08:09
Last Modified: 02 Jan 2023 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75933

Actions (login required)

View Item View Item