PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C UPT SKB KULON PROGO

Saputra, Bayu Aji (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C UPT SKB KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_bayu aji saputra_14102241006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik paket C UPT Sanggar Kegiatan Belajar Kulon Progo. Seseorang yang memiliki motivasi cenderung untuk mencurahkan segala kemampuanya untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Semakin tinggi motivasi yang dimiliki siswa akan mendorong siswa belajar lebih giat lagi dan frekuensi belajarnya menjadi semakin meningkat, sehingga hasil belajarnya pun meningkat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah peserta didik kejar paket C-UPT SKB Kulon Progo sebanyak 65 orang. Sampel penelitian sebanyak 54 responden yang ditentukan dengan rumus IsaacMichel. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Metode analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar memiliki skor ratarata 64,07dengan kecenderungan kategori sedang (57,41%). Hasil belajar memiliki skor rata-rata 73,53 dengan kecenderungan kategori sedang (46,30%). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik Paket C UPT SKB Kulon Progo (Fhitung= 23,466 dan Sig.= 0,000).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, hasil belajar, paket C
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 02 Jan 2023 08:33
Last Modified: 02 Jan 2023 08:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75931

Actions (login required)

View Item View Item