PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PELATIHAN BATIK TULIS WARNA ALAM UNTUK PESERTA DIDIK DI LKP LT PINILIH TEMANGGUNG

Asih, Dewi Murni (2020) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PELATIHAN BATIK TULIS WARNA ALAM UNTUK PESERTA DIDIK DI LKP LT PINILIH TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_dewi murni asih_16102241044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran pelatihan batik tulis warna alam untuk peserta didik di LKP Lt Pinilih, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pelatihan batik tulis warna alam untuk peserta didik di LKP Lt Pinilih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berlokasi di LKP Lt Pinilih Temanggung Jawa Tengah. Subjek dalam penelitian ini adalah pengelola LKP Lt Pinilih, instruktur pelatihan batik tulis warna alam, dan peserta pelatihan batik tulis warna alam. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama yang dibantu dengan pedoman wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data dengan sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengelolaan pembelajaran pada proses perencanaan peran guru/instruktur yaitu mendampingi peserta pada saat proses pembelajaran berlangsung; tujuan pembelajaran dalam proses pelatihan yaitu memberikan pengetahuan dan keterampilan; materi pembelajaran yang disampaikan terdiri dari tahapaan membatik dengan baik dan benar; metode pembelajaran menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab; alat pembelajaran yang digunakan yaitu satu set alat membatik; sedangkan pelaksanaan pembelajaran pelatihan terdiri dari beberapa tahapan; tahap pembinaan keakraban menggunakan cara mengajak berdialog dengan peserta pelatihan; tahap identifikasi kebutuhan dengan melihat latar belakang peserta; tahap perumusan tujuan disesuikan dengan dengan tahapan sebelumnya; tahap penyusunan dengan menyesuikan materi dan waktu pelatihan; tahap pelaksanaan dilakukan secara praktek dan teori; dan evalausi, evaluasi pembelajaran yang digunakan dengan metode evaluasi studi kasus; tahap penilaian menggunakan sistem post test dan pre test, (2) faktor pendukung dan penghambat yaitu, faktor pendukung diantaranya instruktur berkompeten, peserta pelatihan antusias, terdapat dukungan pemerintah, alat pembelajaran yang memadai, metode dan evaluasi pembelajaran yang digunakan sesuai; sedangkan faktor penghambat diantaranya belum ada pendampingan, belum terdapat ruangan khusus untuk pelaksanaan pelatihan membatik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pelatihan membatik, pengelolaan pembelajaran.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:21
Last Modified: 02 Jan 2023 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75929

Actions (login required)

View Item View Item