Rahayu, Annisa Dini Nur (2019) PEMBELAJARAN KECAKAPAN SOSIAL (STUDI KASUS PADA PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN MULYO ABADI SENDANGADI SLEMAN). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
fulltext_annisa dini nur rahayu_15102241025.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) jenis-jenis pembelajaran kecakapan sosial yang telah diajarkan di pondok, (2) proses pembelajaran kecakapan sosial yang terjadi di pondok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subyek penelitian ketua, guru Pondok Pesantren Mulyo Abadi Sendangadi Sleman, dan santri pondok. Keabsahan data menggnakan ttriangulasi sumber dan triangulasi teknik. . Analisis data yang digunakan ialah analisis kualitatif dengan langkah mengumpulkan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Jenis-jenis pembelajaran kecakapan sosial yang dilaksanakan dipondok meliputi: (a) komunikasi dalam empati (b) bekerjasama .2) Tahap-tahap proses pembelajaran kecakapan sosial yang ada di Pondok Mulyo abadi meliputi : (a) Tahap penyadaran dengan dibentuk suatu kelompok-kelompok kecil untuk diberikan ceramah dan pelatihan terjadwal sebagai penyadaran awal. (b) Tahap tranformasi pelaksanaan dimana biasa santri melaksanakan kegiatan pembiasaan pola kehidupan dalam pondok yang sudah terjadwal. (c) Tahapan intelektual Adapun tata kehidupan didalam pondok meliputi, keamanan, kebersihan, kesehatan dan kewirausahaan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecakapan Sosial. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 07:22 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 07:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75928 |
Actions (login required)
View Item |