IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ALTERNATIF UNTUK ANAK DI LOKALISASI BONG SUWUNG YOGYAKARTA

Rustanta, Budi (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ALTERNATIF UNTUK ANAK DI LOKALISASI BONG SUWUNG YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_budi rustanta_13102241018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujunan untuk mendeskripsikan : (1) Implementasi pendidikan alternatif untuk anak di Lokalisasi Bong Suwung Yogyakarta, (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program pendidikan alternatif untuk anak di Lokalisasi Bong Suwung Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Lokalisasi Bong Suwung Yogyakarta yang beralamatkan di Kelurahan Pringgokusuman, Kecamatan Gedongtengen, Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah empat pendidik dengan informan empat dari pendidik, dua dari seksi penyelenggara program, satu Kepala YRSPM, dan Ketua Komunitas ADS, serta tiga dari peserta didik dalam program pendidikan alternatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan dengan menguji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi pendidikan alternatif di Lokalisasi Bong Suwung Yogyakarta ditinjau dari aspek bahan pembelajaran. (2) Implementasi pendidikan alternatif di lokalisasi Bong Suwung Yogyakarta ditinjau dari aspek materi pembelajaran. (3) Implementasi pendidikan alternatif dalam pendidikan alternatif ditinjau dari aspek media pembelajaran. (4) Implementasi pendidikan alternatif untuk anak di lokalisasi Bong Suwung Yogyakarta ditinjau dari strategi pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan). (5) Implementasi pendidikan alternatif untuk anak di lokalisasi Bong Suwung Yogyakarta ditinjau dari aspek karakteristik peserta didik. (6) Faktor pendukung : sumber daya program dengan pendekatan komunitas yang memudahkan program ini, materi pembelajaran dari para komunitas, dokter yang mensupport dana program, dan antusias peserta didik yang tinggi serta dukungan dari orangtua. Faktor penghambat : tidak diperbolehkannya karyawisata keluar wilayah oleh para orangtua anak, kurangnya kepercayaan oleh pihak orangtua kepada para pengurus program dikarenakan program baru berjalan, dan kewaspadaan warga sekitar terhadap orang baru dan tidak diperkenankan meliput keadaan di kawasan lokalisasi tanpa adanya perijinan terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendidikan Alternatif, Anak di Lokalisasi Bong Suwung Yogyakarta
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 02 Jan 2023 08:34
Last Modified: 02 Jan 2023 08:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75919

Actions (login required)

View Item View Item