PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM MENANGGULANGI KEMISKINAN DI KELURAHAN BANMATI KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN SUKOHARJO

Pratiwi, Hanedha Putri Ary (2020) PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM MENANGGULANGI KEMISKINAN DI KELURAHAN BANMATI KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN SUKOHARJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_hanedha putri ary pratiwi_16102241002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam menanggulangi Kemiskinan di Kelurahan Banmati Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo, mendeskripsikan aktivitas/kegiatan yang diikuti oleh penerima batuan Program Keluarga Harapan (PKH). Dalam upaya menanggulangi kemiskinan di Kelurahan Banmati beserta ntuk mendeskripsikan faktor kendala yang dihadapi pendamping dalam melaksanakan Program Keluarga Harapan (PKH). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik trianggulasi sumber dan teknik. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah Pendamping Program Keluarga Harapan, Kepala bidang Pengembangan DINSOS, Operator APD PKH, Kasi Kesejahteraan Sosial Kelurahan Banmati, dan Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Langkah analisis data yang digunakan peneliti antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: Proses pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) meliputi penetapan sasaran calon penerima Program Keluarga Harapan (PKH), persiapan daerah, persiapan pertemuan awal dan validasi Program Keluarga Harapan (PKH), kelengkapan data pembukaan rekening bank, pembentukan Keluarga Penerima Manfaat (KPM), penyaluran BANSOS, verifikasi Komitmen. Kegiatan yang diikuti para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) antara lain pertemuan rutin yang dilaksanakan satu bulan sekali dan di dalam pertemuan rutin tersebut terdapat kegiatan simpan pinjam beserta arisan, dan untuk RAT dilaksanakan 1 tahun sekali. Faktor kendala yang dihadapi pendamping adalah banyaknya masyarakat yang mawih awam tentang Program Keluarga Harapan (PKH). Sehingga banyak warga masyarakat yang mencari-cari bantuan di Kelurahan Banmati.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Program Keluarga Harapan (PKH), Menanggulangi, Kemiskinan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:00
Last Modified: 02 Jan 2023 02:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75916

Actions (login required)

View Item View Item