PERAN KELOMPOK TANI LESTARI MULYO DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS USAHATANI BAWANG MERAH DI DUSUN NAWUNGAN I SELOPAMIORO IMOGIRI BANTUL

Hidayah, Eka Sari (2020) PERAN KELOMPOK TANI LESTARI MULYO DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS USAHATANI BAWANG MERAH DI DUSUN NAWUNGAN I SELOPAMIORO IMOGIRI BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_eka sari hidayah_16102244028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peran kelompok tani Lestari Mulyo dalam meningkatkan produktivitas usahatani bawang merah, dan (2) faktor pendukung dan penghambat kelompok tani Lestari Mulyo dalam meningkatkan produktivitas usahatani bawang merah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kepala dusun Nawungan I, pengurus kelompok tani, dan anggota kelompok tani. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peran kelompok tani dalam meningkatkan produktivitas usahatani bawang merah yaitu (a) memfasilitasi pelaksanaan kegiatan dalam bidang pendidikan non formal bagi petani, (b) sebagai input usahatani, dan (c) membangun jejaring dan menguatkan kelembagaan petani. (2) Faktor pendukung dalam meningkatkan produktivitas usahatani bawang merah yaitu (a) kekompakan dan kesadaran antar masyarakat petani, (b) sarana dan prasarana yang memadai, dan (c) ilmu pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan dalam bidang pendidikan non formal. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu (a) permodalan, seperti modal untuk membeli bibit bawang merah. Solusi untuk mengatasi hambatan yaitu dengan melakukan pinjaman di bank atau menjual hewan ternak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran, Kelompok Tani, Produktivitas Usahatani
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:26
Last Modified: 30 Dec 2022 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75904

Actions (login required)

View Item View Item