PENDAMPINGAN ANAK RENTAN JALANAN OLEH LEMBAGA SOSIAL TAABAH (Studi Kasus: Pendampingan anak rentan jalanan di Kampung Ledhok Timoho Bantaran Sungai Gajah Wong, Umbulharjo, Yogyakarta)

Lestari, Ayu (2020) PENDAMPINGAN ANAK RENTAN JALANAN OLEH LEMBAGA SOSIAL TAABAH (Studi Kasus: Pendampingan anak rentan jalanan di Kampung Ledhok Timoho Bantaran Sungai Gajah Wong, Umbulharjo, Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_ayu lestari_16102244024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tahapan pendampingan di Lembaga Sosial TAABAH, (2) faktor pendukung dan penghambat pendampingan di Lembaga Sosial TAABAH. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, subyek dari penelitian ini yaitu pengelola, pendamping, dan anak rentan jalanan di Lembaga Sosial TAABAH. Teknik pemilihan subyek menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahapan pendampingan yang dilakukan oleh Lembaga Sosial TAABAH meliputi: (a) persiapan melalui assesment kebutuhan anak, menentukan tema berdasarkan kebutuhan, dan melakukan pendekatan terhadap orang tua/wali dampingan; (b) pelaksanaan pendampingan di Lembaga Sosial TAABAH meliputi pendampingan belajar, pendampingan mengaji, pendampingan dan Sharing Orang Tua Binaan, dan pendampingan kesehatan; (c) evaluasi dilakukan dengan cara mereview kembali apa yang telah dilakukan hari itu dan juga sharing untuk hari esok. Pada akhir semester evaluasi dilakukan bersama anak-anak dengan cara membuat suatu karya; (2) Faktor pendukung meliputi: intensitas pendamping dimana pendamping dan pengelola mendampingi selama 24 jam dengan kata lain mereka ikut tinggal di Kampung Ledhok Timoho dan mempunyai banyak jaringan atau link seperti seseorang yang memiliki usaha peternakan, sablon, cataring, dan travel. Selain itu, faktor penghambat dalam pendampingan yaitu kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang membantu mendampingi anak-anak rentan jalanan dan kurangnya antusiasme masyarakat dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh Lembaga Sosial TAABAH.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan, Lembaga sosial, Anak rentan jalanan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:52
Last Modified: 30 Dec 2022 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75903

Actions (login required)

View Item View Item