UPAYA PUSAT PELAYANAN TERPADU PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK (P2TP2A) DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TENTANG KEKERASAN TERHADAP ANAK DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Majid, Ahmad Luthfi Abdul (2020) UPAYA PUSAT PELAYANAN TERPADU PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK (P2TP2A) DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TENTANG KEKERASAN TERHADAP ANAK DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_ahmad luthfi abdul majid_15102241001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang upaya dari pusat pelayanan terpadu perempuan dan anak (P2TP2A) dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kekerasan anak, mengetahui proses peningkjatan kesadaran masyarakat tentang kekersan anak dan mengetahu hasil dari upaya yang sudah dilaksanakan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, kepala seksi perlindungan anak, konselor hukum P2TP2A, koordinator forum anak Gunungkidul, Kader Perlindungan Anak Berbasis Masyarakat (PATBM) Desa Ngalang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : upaya P2TP2A dalam meningkatkan kesadaran masyarakat ini dengan melakukan sosilaisasi kepada masyarakat di daerah Gunungkidul tentang perlindungan anak , dan pembentukan kelompok masyarakat seperti PATBM dan forum anak desa. Proses peningkatan kesadaran masyarakat tentang kekerasan anak perencanaan program peningkatan kesadaran masyarakat oleh P2TP2A dan DP3AKBPMD, pelaksanaan program dilakukan dengan melakukan kegiatan sosialisasi dengan materi berupa hak-hak anak, perlindungan anak, dan bagaimana pelaporan korban kekerasan anak ke P2TP2A, evaluasi dan monitoring dilakukan dengan menyebarkan angket ke desa desa. Hasil dari upaya tersebut adalah meningkatnya kasus yang dilaporkan ke P2TP2A dan meningkatnya kepedulian masyarakat tentang kekersan anak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: P2TP2A, Kekerasan anak, sosialisasi, perlindungan anak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:45
Last Modified: 30 Dec 2022 01:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75901

Actions (login required)

View Item View Item