PERANAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) LURU ILMU UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI GERSIK, KELURAHAN SUMBER MULYO, KECAMATAN BAMBANGLIPURO, KABUPATEN BANTUL

Rohman, Ibnu Nur (2019) PERANAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) LURU ILMU UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI GERSIK, KELURAHAN SUMBER MULYO, KECAMATAN BAMBANGLIPURO, KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ibnu nur rohman_14102241010.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) Peranan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Luru Ilmu dalam menumbuhkan minat baca masyarakat di Dusun Gersik, Kecamatan Sumbermulyo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. (2) Upaya pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Luru Ilmu dalam menumbuhkan minat baca masyarakat di Dusun Gersik, Kecamatan Sumbermulyo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah Pengelola Taman Bacaan Masyarakat dan warga belajar. Lokasi penelitian di Taman Bacaan Masyarakat Luru Ilmu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan dalam keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Peranan Taman Bacaan Masyarakat Luru Ilmu untuk menumbuhkan minat baca masyarakat yaitu taman bacaan masyarakat berperan sebagai sumber belajar masyarakat dengan adanya kegiatan belajar yang berupa layanan membaca dan kegiatan belajar, sebagai sumber informasi masyarakat yang menyediakan buku dan bahan bacaan dalm studi kepustakaan, sarana rekreasi edukasi yang menyediakan bahan-bahan bacaan yang sifatnya rekreatif, pembinaan karakter dan moral dan sebagai tempat belajar ketrampilan. (2) Upaya pengelola Taman Bacaan Masyarakat Luru Ilmu dalam menumbuhkan minat baca masyarakat meliputi merencanakan program, mengorganisasikan, memotivasi, mengendalikan dan mengembangkan segala upaya di dalam mengatur dan mendayagunakan sumber daya manusia, sarana dan prasarana yang dimiliki sehingga sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga masyarakat itu sendiri akan merasakan manfaatnya secara langsung. Adapun kegiatan dalam upaya menumbuhkan minat baca masyarakat meliputi kegiatan motor keliling, pengenalan dan pelestarian budaya seperti tembang dolanan anak dan permainan tradisional, kegiatan rekreatif yang berupa kegiatan belajar menggambar dan mewarnai serta pengenalan kegiatan membaca.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: taman bacaan masyarakat, minat baca, menumbuhkan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:45
Last Modified: 29 Dec 2022 01:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75885

Actions (login required)

View Item View Item