PROGRAM BINA KELUARGA LANSIA DALAM MEMPERSIAPKAN LANJUT USIA MEMASUKI USIA LANJUT DI DUSUN KROMODANGSAN, DESA LUMBUNGREJO, KECAMATAN TEMPEL, KABUPATEN SLEMAN

Widodo, Agung (2019) PROGRAM BINA KELUARGA LANSIA DALAM MEMPERSIAPKAN LANJUT USIA MEMASUKI USIA LANJUT DI DUSUN KROMODANGSAN, DESA LUMBUNGREJO, KECAMATAN TEMPEL, KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_agung widodo_15102241006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Bina Keluarga Lansia (BKL) dalam mempersiapkan Lanjut Usia (Lansia) memasuki Usia Lanjut (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam Program Bina Keluarga Lansia (BKL) dalam mempersiapkan Lanjut Usia (Lansia) memasuki Usia Lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pengurus, kader, serta anggota BKL “Anyelir”. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data sumber. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Bina Keluarga Lansia (BKL) dalam Mempersiapkan Lansia (Lanjut Usia) Memasuki Usia Lanjut meliputi perencanaan, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi (2) Faktor pendukung dalam program adalah adanya dukungan tokoh masyarakat, kelembagaan mulai dari tingkat desa hingga kecamatan, sumber dana yang mencukupi untuk pelaksanaan program, dan adanya motivasi serta gotongroyong antar anggota. Faktor penghambat program yaitu kurangnya partisipasi dan kesadaran angota dalam mengikuti program, serta minimnya sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: BKL, Usia Lanjut
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Dec 2022 07:49
Last Modified: 28 Dec 2022 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75870

Actions (login required)

View Item View Item