Pengembangan Model Pembelajaran Bola Voli untuk Meningkatkan keterampilan Passing Bawah dan Atas Peserta Didik SMP Kelas VIII

Saputra, Ricky Bintang (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Bola Voli untuk Meningkatkan keterampilan Passing Bawah dan Atas Peserta Didik SMP Kelas VIII. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ricky bintang saputra_19711251081.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan model pembelajaran bola voli untuk meningkatkan keterampilan passing bawah dan atas peserta didik SMP Kelas VIII. (2) Mengetahui tingkat kelayakan model pembelajaran bola voli untuk meningkatkan keterampilan passing bawah dan atas peserta didik SMP Kelas VIII. (3) Mengetahui tingkat efektivitas model pembelajaran bola voli untuk meningkatkan keterampilan passing bawah dan atas peserta didik SMP Kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE yang melibatkan tahap-tahap pengembangan model dengan lima Langkah/fase pengembangan meliputi analysis, design, development or production, implementation, dan evaluation. Validasi dilakukan oleh para pakar di bidangnya. Uji coba terdiri dari uji coba skala kecil, uji coba skala besar, dan uji efektivitas. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan pengisian kuisioner dan AAHPER face pass wall-volley test. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan software SPSS 25 for Windows. Hasil Penelitian ini adalah menciptakan model pembelajaran bola voli bagi peserta didik SMP kelas VIII yang dikembangkan dan dikemas dalam bentuk buku. Model pembelajaran bola voli yang dikembangkan tergolong “layak” dan “valid” berdasarkan hasil validasi yang dilakukan ahli. Hasil uji efektifitas produk dengan menggunakan uji Wilcoxon diperoleh rerata skor pretest passing bawah 29.77 dan rerata skor posttest passing bawah 35.17, rerata skor pretest passing atas 32.13 dan rerata skor posttest passing atas 35.89 dengan nilai Asymp.Sig.(2-tailed) 0,000 < 0.005. Hasil ini menunjukkan terdapat perbedaan antara pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan passing bawah dan atas peserta didik SMP Kelas VIII meningkat stelah melakukan pembelajaran bola voli.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ahmad Nasrulloh, M.Or.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bola voli, keterampilan, passing
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:03
Last Modified: 28 Dec 2022 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75860

Actions (login required)

View Item View Item