PERAN PEMUDA ORGANISASI PERSATUAN MUDA MUDI GATAK (PERMUGA) DALAM KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DI DUKUH GATAK, WONOBOYO, JOGONALAN, KLATEN

Marrizal, Setyodi (2019) PERAN PEMUDA ORGANISASI PERSATUAN MUDA MUDI GATAK (PERMUGA) DALAM KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DI DUKUH GATAK, WONOBOYO, JOGONALAN, KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_setyodi marrizal_14102241012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) Peran Pemuda Organisasi PERMUGA (Persatuan Muda Mudi Gatak) dalam Kegiatan Kewirausahaan Sosial di Dukuh Gatak, Wonoboyo, Jogonalan, Klaten; (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Peran Pemuda. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif jenis. Subyek penelitian ini adalah Ketua Organisiasi PERMUGA, anggota PERMUGA, tokoh masyarakat, dan masyarakat Dukuh Gatak. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analiis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif metode interaktif yang meliputi: pengumpulan, reduksi, pnyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran Pemuda Organisasi PERMUGA (Persatuan Muda Mudi Gatak) dalam Kegiatan Kewirausahaan Sosial, (a) Melaksakan kegiatan sosial di masyarakat, (b) Memudahkan dan meringanakan beban tanggungan pada masyarakat (c) Memberikan dampak positif kepada pemuda. (2) Faktor pendukung peran pemuda dalam melaksanakan kegiatan adalah (a) Terjalinnya komunikasi yang baik antara ketua dan anggota menjadikan persatuan yang kuat pada organisasi. (b) Terjalinnya diskusi yang baik antar anggota untuk mengatasi permasalahan pada organisasi dan dengan diskusi maka anggota dapat meyalurkan ide inspirasi untuk kemajuan organisasi. (c) Dukungan masyarakat sangat mendorong pemuda agar selalu menjalankan kegiatan. Sedangkan faktor penghambat peran pemuda dalam melaksanakan kegiatan adalah (a) Kesibukan anggota yang masih bekerja dan masih sekolah sehingga keterlibatan mereka tidak maksimal. (b) Minimnya sarana prasana dalam organisasi sehingga tidak tercapainya hasil yang diinginkan. (c) Minimnya pengetahuan IPTEK sehingga menjadikan penghambat untuk pengembangan kegiatan yang ada. (4) Hasil yang tidak sebanding dengan apa yang telah dikerjakan, sehingga menghentikan kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran Pemuda Organisasi, Kewirausahaan Sosial.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:46
Last Modified: 28 Dec 2022 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75859

Actions (login required)

View Item View Item