PELAKSANAAN PROGRAM MUHADHARAH SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING SANTRI DI PONDOK PESANTREN ORA AJI TUNDAN, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN

Setiawati, Tri (2019) PELAKSANAAN PROGRAM MUHADHARAH SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING SANTRI DI PONDOK PESANTREN ORA AJI TUNDAN, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_tri setiawati_15102241056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan pelaksanaan program muhadharah sebagai sarana mengembangkan kemampuan public speaking santri di Pondok Pesantren Ora Aji, (2) mendeskripsikan hasil pelaksanaan program muhadharah dalam mengembangkan kemampuan public speaking santri di Pondok Pesantren Ora Aji, (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program muhadharah sebagai sarana mengembangkan kemampuan public speaking santri di Pondok Pesantren Ora Aji. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Ketua Lurah, Pendamping santri, ketua muhadharah, anggota muhadharah, dan masyarakat. Penentuan subyek dilakukan dengan purposive sampling, yaitu menetukan sumber data dengan pertimbangan tertentu. teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) implementasi program muhadharah a) perencanaan yang dilakukan dengan pembuatan jadwal muhadharah, menentukan tema muhadharah, membuat dan mengoreksi teks pidato. b) Kegiatan : Ceramah, Khutbah, Puisi, Percakapan. c) Pelaksanaan dilakukan dengan rutin dan sistematis berdasarkan rangkaian jadwal kegiatan. d) Interaksi berlangsung baik, harmonis dan bersifat kekeluargaan antara anggota kelompok. (2) Hasil pelaksanaan program Muhadharah: terciptanya kemandirian santri dalam menjalankan program muhadharah, meningkatnya juru dakwah yang berkompeten, serta pengetahuan santri akan public speakingsemakin luas. (3) Faktor pendukung : adanya alat dan fasilitas, adanya bantuan dari pengasuh untuk menjalankan program dengan baik, adanya kesempatan bagi santri untuk mengimplementasikan di masyarakat. Faktor penghambat : kurangnya persiapan, grogi, kurangnya apresiasi dan dukungan dari anggota program muhadharah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Public Speaking, Muhadharah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:31
Last Modified: 28 Dec 2022 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75858

Actions (login required)

View Item View Item