IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KESETARAAN KEJAR PAKET C DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS II YOGYAKARTA

Pangestika, Widya (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KESETARAAN KEJAR PAKET C DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS II YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_widya pangestika_15102244003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi pembelajaran kesetaraan Kejar Paket C di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Yogyakarta, dan (2) faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengharuhi implementasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu anak didik lapas selaku peserta didik pembelajaran kesetaraan, pengelola bagian pendidikan di LPKA serta tutor yang mengajar di pembelajaran kesetaraan LPKA. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dengan metode interaktif yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran kesetaraan Kejar Paket C di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Yogyakarta menerapkan sistem multiclass. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran, tutor menerapkan tahapan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Pembelajaran dilaksanakan pada hari Senin, Selasa, Kamis, dan Jum’at pada pukul 09.00-11.00 WIB. interaksi yang terjalin antar peserta didik dan tutor berjalan dengan baik. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah, tanyajawab, dan diskusi. Matri yang diberikan yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Sosiologi, Geografi, Ekonomi, dan PKn. (2) Faktor pendukung implementasi pembelajaran kesetaraan Kejar Paket C di LPKA antara lain: motivasi belajar dalam diri peserta didik, adanya dukungan dari berbagai pihak seperti keluarga, teman sebaya, serta lembaga seperti Dinas Pendidikan dan Dinas Keagamaan. Sedangkan faktor penghambat implementasi pembelajaran kesetaraan Kejar Paket C di LPKA meliputi: (a) peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran, (b) keterbatasan jam pelajaran, (c) ketidaksesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan jadwal yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Paket C, LPKA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:09
Last Modified: 28 Dec 2022 02:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75855

Actions (login required)

View Item View Item