PELAKSANAAN PEMBINAAN NARAPIDANA WANITA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN (LPP) KELAS II B YOGYAKARTA DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER

Sulistya, Bayu Anggardha (2019) PELAKSANAAN PEMBINAAN NARAPIDANA WANITA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN (LPP) KELAS II B YOGYAKARTA DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_bayu anggardha s_12102241030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga fokus rumusan masalah. Pertama, untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan narapidana wanita. Kedua, mendeskripsikan komponen-komponen yang sudah dipenuhi Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas II B Yogyakarta agar dapat memadukan gender dalam kebijakan dan praktik-praktik pembinaan narapidana wanita. Ketiga, mendeskripsikan faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan pembinaan narapidana wanita di LPP Kelas II B Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di LPP Kelas II B Yogyakarta yang bertempat di Jalan Taman siswa Nomor 06 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah petugas subseksi kegiatan kerja dan narapidana wanita di LPP Kelas II B Yogyakarta. Selama proses pengambilan data hanya bisa mengandalkan metode wawancara langsung disebabkan terkendala peraturan Lapas yang tidak memperbolehkan penggunaan barang elektronik untuk mengambil data selama penelitian. Oleh karena itu pemeriksaan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dengan membandingkan data hasil wawancara petugas Lapas dan narapidana wanita hingga menemukan kesesuaian data diantara keduanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan narapidana wanita yang terdiri dari pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian dikelola dengan melibatkan narapidana wanita sebagai koordinator, pengawas, dan fasilitator bagi sesamanya. Selama pelaksanaan pembinaan narapidana wanita berlangsung tidak ada sama sekali bentuk ketidakadilan yang terjadi di Lapas. LPP Kelas II B Yogyakarta telah memadukan gender dalam kebijakan dan praktik-praktik pembinaan kemandirian narapidana wanita untuk menjamin tidak terjadinya pelanggaran Hak Asasi Manusia di Lapas. Pelaksanaan pembinaan narapidana wanita sangat terbantu dengan tersedianya peralatan penunjang yang lengkap dan dapat bekerjasama dengan pihak di luar Lapas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: narapidana wanita, pembinaan kemandirian, perspektif gender
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Dec 2022 01:45
Last Modified: 28 Dec 2022 01:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75851

Actions (login required)

View Item View Item