PARTISIPASI KELUARGA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BINA KELUARGA LANSIA DI DUSUN BULAK, DESA TUKSONO, KECAMATAN SENTOLO, KABUPATEN KULON PROGO

Dwi Heryanta, Dwi Heryanta (2020) PARTISIPASI KELUARGA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BINA KELUARGA LANSIA DI DUSUN BULAK, DESA TUKSONO, KECAMATAN SENTOLO, KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_dwi heryanta_13102241017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan program Bina Keluarga Lansia di BKL Tunas Mekar di Dusun Bulak Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kulon Progo, (2) Bentuk partisipasi keluarga dalam pelaksanaan program Bina Keluarga Lansia di BKL Tunas Mekar di Dusun Bulak Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kulon Progo, (3) Faktor pendukung dan penghambat partisipasi keluarga dalam pelaksanaan program Bina Keluara Lansia di BKL Tunas Mekar di Dusun Bulak Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di BKL Tunas Mekar yang beralamat di Dusun Bulak, Tuksono, Sentolo,Kelon Progo. Subyek penelitian ini adalah yaitu pengurus BKL Tunas Mekar, tokoh masyarakat, masyarakat, dan lansia di Dusun Bulak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model interaktif yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program Bina Keluarga Lansia di Dusun Bulak terdiri dari program bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan spiritual, (2) Partisipasi keluarga didasari alasan karena adanya kepedulian ingin meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan lansia. Bentuk partisipasi keluarga terbagi dalam dua bentuk yaitu fisik dan nonfisik. Pelayanan sosial lansia di Dusun Bulak terdiri dari pelayanan bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan spiritual. Manfaat partisipasi keluarga memicu adanya kegiatan bermakna bagi lansia, hubungan harmonis lansia dengan lingkungan, meningkatnya pelaksanaan ibadah, dan kemudahan akses pelayanan kesehatan bagi lansia, (3) Faktor pendukung partisipasi keluarga meliputi adanya kesadaran masyarakat, bantuan dana dari pemerintah, pembinaan dan bagi kader, pandangan positif masyarakat terhadap lansia, antusiasme lansia, dan kinerja lansia. Faktor penghambat partisipasi meliputi masih kurangnya kesadaran lansia akan pentingnya kesehatan, faktor ekonomi keluarga, dan lunturnya unggah-ungguh anak muda.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi keluarga, Program Bina Keluarga Lansia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Jan 2023 02:45
Last Modified: 03 Jan 2023 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75849

Actions (login required)

View Item View Item