Penggunaan Bola Plastik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Pada Permainan Bola Voli Pada Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Margosari Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun 2022

Izzulhaq, Muhammad Adznan (2022) Penggunaan Bola Plastik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Pada Permainan Bola Voli Pada Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Margosari Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun 2022. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhammad adznan izzulhaq_18604224013.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar passing bawah pada permainan bola voli melalui penggunaan bola plastik pada peserta didik kelas V SD N Margosari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo ,Tahun 2022 . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan instrumen tes dan non tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Margosari,Pengasih, Kulon Progo tahun 2022 yang berjumlah 19 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan teknik passing bawah bola voli menggunakan bola plastik dapat meningkatkan hasil pembelajaran teknik passing bawah bola voli peserta didik kelas V SD N Margosari. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hasil pembelajaran nilai akhir pada aspek psikomotor, afektif, dan kognitif pada tindakan siklus I mencapai 57,89%, sedangkan pada tindakan siklus II mencapai 84,21%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa passing bawah bola voli dengan menggunakan bola plastik dapat meningkatkan hasil pembelajaran passing bawah bola voli pada peserta didik kelas V SD Negeri Margosari.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Sriawan, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: nilai akhir pembelajaran, passing bawah
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Dec 2022 01:40
Last Modified: 26 Dec 2022 01:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75823

Actions (login required)

View Item View Item