MANFAAT PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI DAN SOSIAL MASYARAKAT PETANI DI DESA KAMPUNG KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Kardianto, Novan Arif (2019) MANFAAT PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI DAN SOSIAL MASYARAKAT PETANI DI DESA KAMPUNG KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_novan arif kardianto_12102241022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang : 1) pelaksanaan kegiatan pelatihan kewirausahaan masyarakat petani di desa kampung dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial, 2) faktor penghambat dan solusi dalam pelatihan kewirausahaan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengurus, tokoh masyarakat, dan masyarakat petani sasaran. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitan dengan dibantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah display data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kegiatan pelatihan terdiri atas Perencanaan yaitu, latar belakang, tujuan, narasumber dan sosialisasi. Pelaksanan meliputi motivasi, penyadaran, perbaikan infrastruktur penunjang pertanian, pembuatan green house, membuat media tanam, praktik menanam bibit, perawatan tanaman, praktik memanen dan pemasaran produk hasil pertanian. Evaluasi, dilakukan dengan pengamatan seberapa paham peserta mengaplikasikan pelatihan dalam kegiatan pertanian sehari-hari. 2) manfaat ekonomi yaitu a) masyarakat mendapat tambahan pendapatan 600-1,3 jt setiap panen, b) sudah memiliki tabungan di koperasi, c) Proses memasarakan produk lebih mudah, d) tercukupinya kebutuhan hidup dan tidak lagi berhutang. Manfaat sosial masyarakat aktif mengikuti kegiatan bersama dalam peningkatan kemajuan desa. 3) faktor Penghambat yaitu (a) Air, wilayah kampung termasuk wilayah pegunungan dengan sistem pengairan tadah hujan, (b) Bahasa penyampaian, narasumber berasal dari luar negeri menjadikan hambatan dalam berkomunikasi dengan peserta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan masyarakat, pelatihan, kesejahteraan ekonomi dan sosial.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 21 Dec 2022 04:33
Last Modified: 21 Dec 2022 04:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75774

Actions (login required)

View Item View Item