PELAKSANAAN BIMBINGAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PROGRAM REHABILITASI WANITA RAWAN SOSIAL EKONOMI DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA

Agustiani, Rizky (2019) PELAKSANAAN BIMBINGAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PROGRAM REHABILITASI WANITA RAWAN SOSIAL EKONOMI DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_rizky agustiani_15102241030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan kewirausahaan dalam program rehabilitasi wanita rawan sosial ekonomi di BPRSW Yogyakarta, (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan kewirausahaan dalam program rehabilitasi wanita rawan sosial ekonomi di BPRSW Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengelola, instruktur, dan wanita rawan sosial ekonomi yang menjadi warga binaan program bimbingan kewirausahaan. Setting penelitian ini adalah saat pelaksanaan bimbingan kewirausahaan di BPRSW Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan display data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahap pelaksanaan bimbingan kewirausahaan meliputi (a) tahap perencanaan meliputi penetapan tujuan bimbingan, rekrutmen warga binaan, rekrutmen instruktur, penetapan waktu, penetapan materi, metode dan media, penetapan sarana prasarana serta sumber dana, (b) tahap pelaksanaan, bimbingan kewirausahaan dilalui dengan proses pembukaan-inti-penutup, suasana bimbingan menyenangkan, tidak kaku, nyaman, partisipasi warga binaan cukup baik, (c) evaluasi berupa evaluasi harian dan evaluasi setiap tiga bulan sekali. (2) Faktor pendukung dan penghambat meliputi (a) pendukung antara lain kondisi lingkungan BPRSW yang kondusif, tersediannya sarana prasarana yang memadai, semangat atau motivasi yang tinggi dari warga binaan serta instrtuktur yang kompeten (b) penghambat antara lain tidak semua warga binaan aktif mengikuti bimbingan, konflik dengan teman, kemampuan menerima materi bimbingan yang berbeda-beda dari warga binaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kewirausahaan, warga binaan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 21 Dec 2022 02:08
Last Modified: 21 Dec 2022 02:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75770

Actions (login required)

View Item View Item