PERANAN KOALISI PEMUDA HIJAU INDONESIA (KOPHI) YOGYAKARTA SEBAGAI PEMBELAJARAN INFORMAL MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP

Nurfilaily, Al Faatihah (2019) PERANAN KOALISI PEMUDA HIJAU INDONESIA (KOPHI) YOGYAKARTA SEBAGAI PEMBELAJARAN INFORMAL MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_al faatihah nurfilaily_15102241044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan KOPHI Yogyakarta sebagai pembelajaran informal mahasiswa dalam meningkatkan kecakapan hidup, melalui: (1) program-program, (2) implementasi program, (3) hasil program, (4) faktor pendukung dan penghambat proses implementasi program. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskripif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Pengurus harian KOPHI Yogyakarta, Anggota aktif KOPHI Yogyakarta, Relawan KOPHI Yogyakarta. Peneliti berperan sebagai instrument utama dengan bantuan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) program-program di KOPHI Yogyakarta dibagi menjadi 3 , yaitu: (a) program kerja bersama, (b) project besar, (c) program divisi. (2) implementasi program dilakukan melalui 3 tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi di mana dalam pelaksanaan implementasi tersebut para pemuda mendapatkan pembelajaran informal (3) hasil program diperoleh bahwa KOPHI Yogyakarta memiliki peranan sebagai fasilitator atau pemggerak para pemuda untuk belajar secara informal melaui keterlibatannya dalam kegiatan-kegiatan yang berdampak pada kecakapan hidupnya, meliputi: kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan akademik, dan kecakapan vokasi . (4) faktor yang mendukung program: anggota maupun pengurus yang memiliki kecintaan terhadap lingkungan, adanya keterkaitan jurusan di perkuliahan anggota maupun pengurus terhadap jobdesc di KOPHI Yogyakarta, sebagian besar anggota maupun pengurus di KOPHI Yogyakarta tidak hanya bergabung di satu komunitas saja, adanya kecocokan antar anggota maupun pengurus, adanya mitra yang berupa: organisasi dan komunitas, bisinis dan usaha, lembaga pemerintah, media publikasi, serta mitra strategis KOPHI yaitu Kampung Hijau Gambiran. Sedangkan faktor yang menghambat program adalah manajemen sumber daya manusia yang susah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peranan, pembelajaran informal, kecakapan hidup
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:39
Last Modified: 20 Dec 2022 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75765

Actions (login required)

View Item View Item