HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK DI TEMPAT PENITIPAN ANAK (TPA) PRIMA SANGGAR

Afriyani, Afriyani (2019) HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK DI TEMPAT PENITIPAN ANAK (TPA) PRIMA SANGGAR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_afriyani_15102241020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan hubungan peran orang tua terhadap perkembangan bahasa anak di TPA Prima Sanggar, 2) mendeskripsikan hubungan penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa anak di TPA Prima Sanggar, 3) mendeskripsikan hubungan antara peran orang tua dan penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa anak di TPA Prima Sanggar SKB Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua wali murid TPA Prima Sanggar dengan jumlah responden 23 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert. Uji validitas menggunakan judgment expert dan uji reabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan peran orang tua dan perkembangan bahasa pada anak di TPA Prima Sanggar, 2) terdapat hubungan negatif antara penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa pada anak, 3) terdapat hubungan positif antara peran orang tua dan penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa pada anak di TPA Prima Sanggar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peran orang tua, penggunaan gadget, perkembangan bahasa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 20 Dec 2022 03:45
Last Modified: 20 Dec 2022 03:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75760

Actions (login required)

View Item View Item