IMPLEMENTASI PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT (COMMUNITY BASED TOURISM) PADA DESA WISATA PENTINGSARI, UMBULHARJO, CANGKRINGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA.

Nursafitri, Laila (2019) IMPLEMENTASI PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT (COMMUNITY BASED TOURISM) PADA DESA WISATA PENTINGSARI, UMBULHARJO, CANGKRINGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_laila nursafitri_15102241053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) seberapa besar tingkat implementasi pariwisata berbasis masyarakat (Community Based Tourism) pada Desa Wisata Pentingsari. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pariwisata berbasis masyarakat. Jenis Penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Desa Umbulharjo, Pengelola Desa Wisata Pentingsari, warga Pentingsari, dan wisatawan. Peneliti adalah instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis model interaktif yatu pengumpulan data, reduksi data, display data, serta mengambil kesimpulan dan verifikasi. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Pariwisata Berbasis Masyarakat di Desa Wisata Pentingsari sudah berjalan dengan optimal sesuai indikator keberhasilan Pariwisata Berbasis Masyarakat di buku Suansri dan hampir semua terpenuhi. (2) Faktor penghambat pada komunikasi yaitu belum terlaksananya pelaporan secara kontinyu perihal transparansi dana dan pada faktor pendukung sumber daya yang mencukupi, mempunyai dukungan dari pihak luar dan masyarakat yang sadar akan lingkungan sehingga dapat menjaga lingkungan dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pariwisata Berbasis Masyarakat, Pariwisata
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 19 Dec 2022 07:18
Last Modified: 19 Dec 2022 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75749

Actions (login required)

View Item View Item