PERAN POSYANDU LANJUT USIA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA LANSIA SADAR GIZI DI DUSUN GERSIK, DESA SUMBERMULYO, KECAMATAN BAMBANGLIPURO, BANTUL

Saputri, Asa (2019) PERAN POSYANDU LANJUT USIA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA LANSIA SADAR GIZI DI DUSUN GERSIK, DESA SUMBERMULYO, KECAMATAN BAMBANGLIPURO, BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_asa saputri_15102241022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Peran Posyandu Lanjut Usia dalam Mewujudkan Keluarga Lansia yang Sadar Gizi, (2) Dampak layanan Posyandu Lanjut Usia dalam Mewujudkan Keluarga Lansia yang Sadar Gizi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subyek penelitian ketua Posyandu lansia, kader lansia, keluarga lansia, dan kepala dusun Gersik, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul. Keabsahan data menggunakan teknik Trianggulasi sumber. Analisis data yang digunakan ialah analisis kuaitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, Display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peran posyandu lansia dalam mewujudkan keluarga lansia yang sadar gizi adalah melalui upaya Preventif posyandu mengadakan sosialisasi kebutuhan gizi dan cara menjaga kesehatan lansia bagi keluarga lansia. Upaya Promotif dengan mengajak keluarga untuk terlibat langsung dalam kegiatan posyandu yaitu pemeriksaan kesehatan sebagai pendamping lansia. Upaya Rehabilitatif dan kuratif posyandu lansia membuka konseling mengenai perawatan lansia dan hambatan dalam pemenuhan gizi lansia yang berlangsung secara informal. (2) Dampak dari adanya layanan Posyandu lansia tersebut adalah keluarga lansia di dusun Gersik mulai memiliki pengetahuan dan kesadaran pentingnya gizi lansia dan menjaga kesehatan. Tumbuh kesadaran untuk memeriksakan kesehatan lansia secara rutin. Keluarga lansia mulai merubah pola masak, merubah perawatan kepada lansia menjadi lebih baik dan memperhatikan gizi lansia. Kegiatan posyandu lansia tersebut bemanfaat memudahkan akses kesehatan bagi keluarga lansia untuk melakukan konsultasi mengenai kondisi kesehatan lansia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Posyandu Lansia, Keluarga, Sadar Gizi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 19 Dec 2022 00:45
Last Modified: 19 Dec 2022 00:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75740

Actions (login required)

View Item View Item