PENINGKATAN KAPASITAS PEMUDA MELALUI TOT (TRAINING OF TRAINER) KEPARIWISATAAN DALAM MENINGKATKAN PENGELOLAAN DESA WISATA PENTINGSARI DI DUSUN PENTINGSARI, UMBULHARJO, CANGKRINGAN, SLEMAN

Wulandari, Ika (2019) PENINGKATAN KAPASITAS PEMUDA MELALUI TOT (TRAINING OF TRAINER) KEPARIWISATAAN DALAM MENINGKATKAN PENGELOLAAN DESA WISATA PENTINGSARI DI DUSUN PENTINGSARI, UMBULHARJO, CANGKRINGAN, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_ika wulandari_15102241043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan: (1) proses peningkatan kapasitas pemuda melalui TOT Kepariwisataan dalam meningkatkan pengelolaan Desa Wisata Pentingsari, (2) hasil peningkatan kapasitas pemuda melalui TOT Kepariwisataan dalam meningkatkan pengelolaan Desa Wisata Pentingsari, (3) faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kapasitas pemuda melalui TOT Kepariwisataan dalam meningkatkan pengelolaan Desa Wisata Pentingsari, Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dari penelitian yaitu pengelola, pemuda dan fasilitator. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan dalam keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik pengambilan data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses peningkatan kapasitas pemuda melalui TOT Kepariwisataan dalam meningkatkan pengelolaan Desa Wisata Pentingsari mencakup penyadaran, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengembangan.(2) hasil adanya peningkatan kapasitas pemuda melalui 4 kecakapan yaitu kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan akademik dan kecakapan vokasional.(3) faktor pendukung dari pemberdayaan pemuda yaitu dukungan dan fasilitas yang diberikan oleh BCA dan trainer dalam pelatihan. Faktor penghambatnya yaitu kendala dalam waktu pelaksanaan yang diundur tidak sesuai rencana awal yang mengakibatkan peserta yang hadir tidak sesuai dengan rencana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kapasita, TOT, Pengelolaan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 15 Dec 2022 06:46
Last Modified: 15 Dec 2022 06:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75712

Actions (login required)

View Item View Item