PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH MELALUI PROGRAM INKUBASI BISNIS DI RUMAH KREATIF BADAN USAHA MILIK NEGARA KOTA YOGYAKARTA

Suharto, Edo Agus Tiyansah (2019) PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH MELALUI PROGRAM INKUBASI BISNIS DI RUMAH KREATIF BADAN USAHA MILIK NEGARA KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_edo agus tiyansah suharto_15102241031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah melalui program inkubasi bisnis (2) partisipasi anggota dalam pemberdayaan UMKM melaui program inkubasi bisnis di Rumah Kreatif Badan Usaha Milik Negara (3) Manfaat yang dicapai dari pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah melalui program inkubasi bisnis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pemilihan subjek penelitian dengan teknik purposive. Subjek penelitian ini adalah pengelola Rumah Kreatif Badan Usaha Milik Negara, tutor, dan peserta program. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilengkapi dengan daftar pertanyaan. Analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Peneliti mengecek keabsahaan data dengan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses pemberdayaan meliputi beberapa tahap antara lain (a) tahap penyadaran mengenai kebutuhan diri dan permasalahan yang dilakukan pada proses perencanaan program; (b) Tahap transformasi kemampuan diwujudkan dalam pelaksanaan program inkubasi bisnis; (c) Tahap peningkatan kemampuan intelektual diwujudkan dengan adanya evaluasi. (2) Partisipasi yang dilakukan adanya keterlibatan anggota dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah melalui program inkubasi bisnis (3) Manfaat yang dicapai dari pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah melalui program inkubasi bisnis adalah adanya peningkatan kapasitas dan kapabilitas yang dirasakan oleh peserta, para peserta mampu menerapkan ilmu yang diperoleh, dan program inkubasi bisnis mampu mendorong para peserta untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnisnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan, program Inkubasi bisnis, Rumah Kreatif Badan Usaha Milik Negara
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:03
Last Modified: 15 Dec 2022 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75710

Actions (login required)

View Item View Item